BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Minggu, 08 Februari 2009

biologi

Karbohidrat

Karbohidrat merupakan suatu senyawa kimia dengan rumus dasar ( CH2O)
n. Molekul karbohidrat ada yng berukuran kecil dan ada pula yang berukuran sangat besar. Macam karbohidrat sangat banyak. Berdasarkan jumlah rantai penyusunnya, karbodrat dapat dibedakan menjadi monosakarida, disakarida. Polisakarida.
Pada makanan ada tiga karbohidrat yang terpenting, yaitu amilum,sukrosa, dan selulosa. Amilum atau pati merupakan zat tepung yang terdapat pada makanan pokok. Sukrosa merupakan disakarida yang rasanya manis, disebut juga gula tebu. Sementara itu, selulosa adalah serat kasar yang merupakan komponen dinding sel tumbuhan. Meskipun demikian, karbohidrat yang paling penting bagi tubuh manusia adalah glukosa denga rumus kimia C6H12O6. Glukosa yang diperlukan oleh tubuh kita terutama berasal dari pemecahan amilum yang terdapat dalam makanan.
Sumber karbohidrat terutama berasal dari makanan pokok kita. Makanan pokok biasanya berupa biji-bijian atau umbi-umbian yang banyak mengandung amilum atau pati, seperti beras, jagung , roti, mie,dll.


Lemak

Lemak merupakan suatu senyawa organik yang tidak dapat larut didalam air. Berdasarkan komponen penyusunnya, lemak dibedakan menjadi, trigliserida ( lemak sederhana ), Fosfolipid, lipoprotein, dan steroid. Senyawa lemak yang paling sederhana adalah trigliserida atau liasilgliserol. Sesuai dengan namanya, lemak ini tersusun atas satu molekul gliserol dan tiga rangkai asam lemak. Berdasarkan ada tidaknya ikatan rangkap pada rantai karbon asam lemaknya,lemak dapat dibedakan menjadi lemak jenuh dan lemak tak jenuh. Lemak jenuh tidak memiliki ikatan rangkap pada rantai karbon asam lemaknya, sedangkan lemak takjenuh memiliki ikatan rangkap pada rantai karbon asam lemaknya.
Berdasarkansumbernya, lemak dapat dibedakan menjadi lemak nabati, yaitu lemak yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, dan lemak hewani, yaitu lemak yang berasal dari hewan. Lemak hewani merupakan lemak jenuh, dan sedangkan lemak nabati adalah lemak tak jenuh.
Ciri makanan yang mengandung lemak adalah berminyak. Contoh hasil tanaman yang banyak mengandung lemak antara lain kacang-kacangan ( kacang tanah ), kelapa, kemiri, dan wijen.Contoh bahan makanan yang berasal dari hewan yang merupakan sumber lemak, antaralain mentega, susu,telur dan daging.

Protein

Protein merupakan polimer yang tersusun atas monomer yang berupa asam amino. Ada 20 jenis asam amino penyusun protein tubuh manusia. Keduapuluh asam amino tersebut dapat dikelompokkan menjadi Asam amino esensial dan Asam amino nonensial. Asam amino esensial merupakan asam amino yng tidak dapat dibuat dalam tubuh manusia. Adapun asam amino noesensial merupakan asam amino yang dapat di buat didalam tubuh manusia sehingga kebutuhan asam amino ini tidak harus didatangkan dari luar tubuh dalam bentuk makanan.
Sumber protein, berdasarkan sumbernya, protin dapat dibedakan menjadi protein hewani dan protein nabati. Contoh sumber protein hewani, antara lain daging, telur, ikan,dll. Sedangkan sumber protein nabati, antara lain kacang tanah, kedelai, jagung, kelapa, tempe, dantahu. Protein hewani biasanya memiliki kandungan asam amino esensial yang lebih lengkap di bandingkan dengan protein nabati.

0 komentar: